SHARE

Istimewa

CARAPANDANG - Anggota MPR RI, H. Gusti Farid Hasan Aman menggelar kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada Jumat 8 Maret 2024.

Gusti mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk menggali nilai-nilai yang terkandung pada Empat Pilar tersebut yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Melalui kegiatan Sosialisasi ini diharapkan masyarat dapat memahami nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika secara utuh tidak setengah- setengah. Dan kegiatan ini juga diharapkan bisa menjadi dasar dalam mewujudkan kejayaan Indonesia dimasa depan yang lebih maju dan bermartabat,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa bahwa kegiatan sosialisasi ini dilandaskan pada cita-cita negara Indonesia, salah satunya adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka, atas dasar itulah sosialisasi Empat Pilar ini menjadi begitu penting.

“Melalui kegiatan ini diharapkan akan membentuk manusia Indonesia yang berkualitas, berakhlak mulia dan dapat berdaya saing tinggi sebagai modal utama dalam pembangunan bangsa nantinya,” imbuhnya.

Lebih lanjut Senator dapil Kalimantan Selatan ini mengatakan jika seluruh anak bangsa secara  benar dalam memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung pada Empat Pilar Kebangsaan ini,  maka mewujudkan Indonesia yang lebih baik akan segera terwujud.

Dia mencontohkan misalnya mengamalkan nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila, jika secara benar diamalkan maka akan melahirkan manusia Indonesia yang taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta memiliki simpati dan empati kepada sesama.  Sehingga akan tumbuh semangat kebersamaan dalam rangka memujudkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Pancasila sebagai dasar negara harus hidup dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga sila-sila yang terkandung di dalamnya bukan hanya sekedar teks yang hanya dihapal tapi tidak memberikan makna bagi kehidupan bangsa,” pesannya.

Tags
SHARE